Jumat, 27 September 2013

Contoh Silabus



Silabus

Lampiran 1
Sekolah                          : SD ____________
Kelas                             : I (Satu)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 1 (Satu)
Standar Kompetensi      : Mendengarkan
1.     Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.1 Merespon dengan   mengulang kosakata baru dengan ucapan lantang


Contoh:

Guru: chalk

Siswa: chalk

Guru: book

Siswa: book


1.     Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD
2.     Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD


·         Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan suara lantang
·         Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar



Tes  lisan


Merespon dengan mengulang secara lisan


Listen to the words and repeat.
Guru: crayon
Murid: (mengulang dengan ucapan lantang)


2 x 35 menit


·   Gambar-
gambar/
benda terkait
·   Rekaman
 kaset/CD
·   Buku teks



Kompetensi
Dasar
Materi pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.2 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima






Contoh:

Guru: Stand up.

Siswa: (berdiri)

Guru: Sit down.

Siswa: (duduk)

Guru: Make a line.

Siswa: (berbaris)


Siswa memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru atau yang didengar dari kaset/CD


Merespon dengan memperagakan instruksi-instruksi yang didengar






Unjuk kerja














Responding
















Listen to the instructions and follow them.
Guru: Jump.
Siswa: (melompat)


2 x 35 menit


·   Rekaman kaset/CD
·    Buku teks
















Silabus

Lampiran 2
Sekolah                          : SD ____________
Kelas                             : I (Satu)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 1 (Satu)
Standar Kompetensi      : Berbicara
2. Mengungkapkan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.1 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menanyakan suatu benda dan menanyakan seseorang

Contoh:

A: What is this?
B: This  is a pencil.

A: Who is he?
B: He is my brother.

A: What are you doing?
B: I am studying.





1.     Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2.     Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3.     Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4.     Latihan percakapan dalam bentuk dialog
5.     Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata


Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
·   Menanyakan suatu benda
·   Menanyakan seseorang


·   Tes lisan



·   Unjuk kerja

·   Pertanyaan



·   Performance

·   Answer the questions orally!

·   Act out the dialogue in front of the class!

4 x 35 menit

·     Script percakapan
·     Buku teks
·     Alat peraga

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.2 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang dan menyebutkan ukuran sebuah benda


Contoh:

A: What are you doing?
B: I am studying.

A: It is big.
B: It is little.



1.   Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2.   Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3.   Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4.   Latihan percakapan dalam bentuk dialog
5.   Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata



Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
·   Menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang
·   Menyebutkan ukuran sebuah benda

Tes lisan

Pertanyaan

Answer the questions orally!

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga











Silabus

Lampiran 3
Sekolah                          : SD ____________
Kelas                             : I (Satu)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 1 (Satu)
Standar Kompetensi      : Membaca
3. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

3.1   Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana




















Pronunciation kata, frasa, dan kalimat yang dipelajari




















1. Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: pronunciation, intonation
2.  Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru
3. Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model
4. Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar



1. Melafalkan kata, frasa, dan kalimat dengan baik dan benar
2. Membaca kata, frasa, dan kalimat dengan intonasi yang benar
3. Membaca nyaring dengan baik dan benar











·   Tes unjuk kerja


·   Observasi


















·   Uji petik membaca nyaring

·   Lembar observasi

















Read all the sentences aloud.

Read all the sentences loudly and carefully.















2 x 35 menit






















·   Buku teks
·   Alat peraga





















Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

3.2   Memahami kalimat dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima


·   Kalimat-kalimat sangat sederhana
·   Teks deskriptif bergambar sangat sederhana berbentuk cerita singkat


1. Mengidentifikasi informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
2. Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam bacaan
3. Tanya jawab yang terkait dengan materi

1. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
2. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks deskriptif bergambar


Tes unjuk kerja

Tes identifikasi gambar berdasarkan informasi yang ada dalam kalimat-kalimat sangat sederhana atau dalam teks

Point to the student in the picture described in the text.

2 x 35 menit











Buku teks























Silabus

Lampiran 4
Sekolah                          : SD ____________
Kelas                             : I (Satu)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 1 (Satu)
Standar Kompetensi      : Menulis
4. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

4.1   Mengeja kosakata bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan ejaan yang benar



Kosakata sangat sederhana terkait dengan nama-nama alat tulis dan kata sifat




Mengeja kosakata materi terkait berdasarkan gambar






Mengeja kosakata berdasarkan gambar dengan ejaan yang benar





Tes tulis








Menulis kosakata dengan ejaan yang benar






Trace names of certain objects with the correct spelling.




4 x 35 menit








·   Buku teks
·   Alat peraga







4.2   Menyalin kosakata bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima




Kosakata sangat sederhana terkait dengan nama-nama alat tulis dan kata sifat

·   Menyalin dan mencocokkan kosakata dengan gambar
·   Menulis nama-nama alat tulis dan kata sifat

·   Menyalin dan mencocokkan kata dengan gambar yang sesuai
·   Menulis nama-nama alat tulis, kata sifat, atau materi terkait dengan benar dan sesuai gambar yang tepat


Tes tulis

·   Menyalin kosakata sesuai dengan gambar


·   Menulis kosakata dengan benar dan sesuai dengan gambar

Write names of the objects based on the pictures.


Write  the adjectives based on  the pictures.

4 x 35 menit

·   Buku teks
·   Alat peraga

 

Silabus

Lampiran 5
Sekolah                          : SD ____________
Kelas                             : I (Satu)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 2 (Dua)
Standar Kompetensi      : Mendengarkan
5. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

5.1 Merespon dengan mengulang kosakata baru dalam berbagai permainan dengan ucapan lantang



Contoh:

Guru: merry-go-round

Siswa: merry-go-round

Guru: leapfrog

Siswa: leapfrog


1.     Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD
2.     Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD


·         Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan suara lantang
·         Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar



Tes  lisan


Merespon dengan mengulang secara lisan


Listen to the names of games and repeat.
Guru: jackstone
Murid: (mengulang dengan ucapan lantang)


2 x 35 menit


·   Gambar-
gambar terkait
·   Rekaman
 kaset/CD
·   Buku teks

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

5.2  Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima

Contoh:

Guru: Hop.

Siswa: (melompat)

Guru: Hide.

Siswa: (bersembunyi)



Siswa memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru atau didengar dari kaset/CD

Merespon dengan memperagakan instruksi-instruksi yang didengar

Unjuk kerja

Responding

Listen to the instructions and follow them.
Guru: Jump.

2 x 35 menit

·   Rekaman
 kaset/CD
·   Buku teks





















Silabus

Lampiran 6
Sekolah                          : SD ____________
Kelas                             : I (Satu)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 2 (Dua)
Standar Kompetensi      : Berbicara
6. Mengungkapkan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.1 Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana secara berterima












Contoh:

Guru: Where is my bag?

Siswa: Where is my bag? (bersama-sama)

Guru: I have a book.

Siswa: I have a book. (bersama-sama)



Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan













Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan dengan pengucapan dan intonasi yang tepat










Unjuk kerja















Performance















Repeat the expressions with the correct pronunciation and intonation.
Guru:
Where is my bag?
It is here.







2 x 35 menit















·     Script percakapan
·     Buku teks
·     Alat peraga

















Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menyebutkan kepemilikan, menanyakan di mana suatu benda berada, dan menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang

Contoh:

A: I have a book.
B: I do not have a pencil.

A: Where is my lunch box?
B: It is here.

A: What are you doing?
B: I am playing marbles.

1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
3. Latihan percakapan dalam bentuk dialog
4. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata



Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
·   Menyebutkan kepemilikan
·   Menanyakan di mana suatu benda berada
·   Menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang


·   Tes lisan



·   Unjuk kerja

·   Pertanyaan



·   Performance

·    Answer the questions orally!

·   Act out the dialogue in front of the class!

4 x 35 menit


·     Script percakapan
·     Buku teks
·     Alat peraga

















Silabus

Lampiran 7
Sekolah                          : SD ____________
Kelas                             : I (Satu)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 2 (Dua)
Standar Kompetensi      : Membaca
7. Memahami tulisan bahasa Inggris dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks kelas

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

7.1 Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima yang melibatkan: frasa dan kalimat sangat sederhana
















Pronunciation frasa dan kalimat yang dipelajari




















1. Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: pronunciation, intonation
2. Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru
3. Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model
4. Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar


1. Melafalkan frasa dan kalimat dengan benar
2. Membaca frasa dan kalimat dengan intonasi yang benar
3. Membaca nyaring dengan baik dan benar












·   Tes unjuk kerja


·   Observasi


















·   Uji petik membaca nyaring

·   Lembar observasi

















Read the sentences aloud.

Read all the sentences loudly and carefully.















2 x 35 menit






















Buku teks
























Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

7.2 Memahami kalimat dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima

·   Kalimat-kalimat sangat sederhana
·   Teks deskriptif bergambar sangat sederhana berbentuk cerita singkat


1. Mengidentifikasi informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
2. Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam bacaan
3. Tanya jawab yang terkait dengan materi



1. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
2. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks deskriptif bergambar


Tes unjuk kerja

Tes identifikasi gambar berdasarkan informasi yang ada dalam kalimat-kalimat sangat sederhana atau dalam teks



Point to the correct student in the picture described in the text.  


2 x 35 menit

·   Buku teks
·   Alat peraga



















Silabus

Lampiran 8
Sekolah                          : SD ____________
Kelas                             : I (Satu)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 2 (Dua)
Standar Kompetensi      : Menulis
8. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

8.1  Menyalin kosakata bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan ejaan yang benar



Kosakata sangat sederhana terkait dengan nama-nama benda di dalam kelas dan nama-nama permainan



Menyalin dan mencocokkan kosakata dengan gambar






Menyalin dan mencocokkan kata dengan gambar yang sesuai





Tes tulis








Menyalin kosakata sesuai dengan gambar






Trace names of the objects based on the pictures given.





4 x 35 menit








·   Buku teks
·   Alat peraga







8.2 Melengkapi kosakata sangat sederhana secara tepat dan berterima



Kosakata-kosakata sangat sederhana terkait dengan nama-nama benda di dalam kelas

Melengkapi kosakata berdasarkan gambar

Melengkapi kosakata dengan huruf yang sesuai

Tes tulis

Melengkapi kosakata dengan benar dan sesuai dengan gambar

Complete the words by filling in the letters in the space provided.

4 x 35 menit

·   Buku teks
·   Alat peraga